Agustus 05, 2017

Unsur Agama

Ippho Santosa - ipphoright:
Apapun agama Anda, tulisan ini perlu Anda baca.

Islam merupakan agama tercepat pertumbuhannya dalam lima tahun di Australia, dengan peningkatan 39,9 persen. Fakta tersebut terungkap dalam laporan International Centre for Muslim and non-Muslim Understanding.

Itu yang terjadi di Australia. Bagaimana dengan di Indonesia? Kali ini saya tidak ingin bicara soal jumlah penganutnya. Saya lebih tertarik bicara soal tingkat kesalehannya. Penelitian Riaz Hassan dari Flinders University, Australia mengungkapkan bahwa muslim Indonesia mempunyai kesalehan ritual tinggi.

Sewaktu saya diundang Pak Chairul Tanjung di rumahnya, ia menyampaikan bahwa mahasiswi berjilbab jumlahnya meningkat pesat selama 5 tahun terakhir. Ini menurut pengalaman dan pengamatannya saat sharing ilmu di Universitas Indonesia untuk sekian tahun terakhir.

Apa implikasinya?

Sebagai entrepreneur dan marketer, kita harus peka dengan fenomena ini. Mengabaikan faktor agama bisa membuat customer terusik dan meninggalkan bisnis kita. Setuju atau tidak, Aksi 411 dan Aksi 212 menunjukkan bahwa agama beserta nilai-nilainya adalah hal yang teramat penting bagi umat Muslim di Indonesia.

Kajian demi kajian, sekarang bukan saja di masjid dan musholla. Tapi juga hadir di perkantoran dan rumah-rumah. Sambil ngobrol, saya dan istri saya pernah memberi masukan kepada pemilik salon Irwan Team agar menyiapkan space kecil dan tertutup untuk customer Muslimah. Input itu kemudian ia terapkan di sejumlah cabang.

Sekali lagi, mengabaikan faktor agama bisa membuat customer terusik dan meninggalkan bisnis kita. Sudah saatnya kita lebih peka. Bantu share ya. Sekian dari saya, Ippho Santosa.

Share:

0 comments:

Posting Komentar